Semua tentang ban pulsar

pelek P200 apakah sama dengan P180 UG4 ga?

kalo ga salah, lebar pelek pulsar 200 = P180 UG4 :
depan 1,85 inci (4,7 cm), dan
belakang = 2,50 inci (5,4 cm)
tipe peleknya TUBELESS.

pelek depan masih bisa memakai ban mulai dari lebar 90 hingga 110. namun untuk 110, tinggi disarankan 70% (110/70) karena kalau memakai 110/80 atau 110/90 dikhawatirkan mentok dengan spakbor.
pelek belakang masih bisa memakai ban mulai dari 120 hingga 150, namun untuk uk. 150 dikhawatirkan bisa mengenai rantai. ukuran 140 sepertinya aman, namun bisa saja terlihat "mendonat." bagusnya memakai ban ukuran 130/70, 130/80 atau 130/90. 

kalo P180 UG3, yg ane dapet info cuma lebar ban-nya :

depan 2,75 x 17"
belakang 100 / 90 x 17"
tipe ban TUBE.
artinya, pelek UG3 dikondisikan untuk menggunakan ban non tubeless. kalo menggunakan ban tubeless (mungkin) tidak apa-apa karena peleknya CW, namun alangkah baiknya menggunakan ban sesuai peruntukan peleknya.

untuk ban depan, saya sarankan memakai uk. lebar 100/70 atau 100/80.
untuk ban belakang, saya sarankan memakai uk. lebar 120/70 atau 120/80.

namun alangkah baiknya apabila hendak menaikkan ukuran lebar ban, hanya bertambah 1 tingkat saja. selain faktor kenyamanan ketika belok dijamin berkurang, juga apabila setelah memakai ban yg naik 2 hingga 3 tingkat, malah bisa jadi tidak masuk ke ruang roda. akibatnya, Anda mesti ganti ban yg lebih kecil

Keterangan Ban




Ukuran Ban
Kecepatan Ban






Load Index Ban

BAN 180UG4 dan P200

Depan : 90/90-17 49P
- lebar seksi : 90 mm
- rasio tinggi : 90% x 90 mm : 81 mm
- tipe ban Bias
- LI 49 : 185 kg
- P : kecepatan max. 150 kpj

Belakang: 120/80-17 61P
- lebar seksi : 120 mm
- rasio tinggi : 80% x 120 mm : 96 mm
- tipe ban Bias
- LI 61 : 257 kg
- P : kecepatan max. 150 kpj

catatan :
- menggunakan ban baru dengan rasio tinggi lebih kecil dari standar akan menambah kekerasan pada pengendara, namun menurunkan tinggi motor beberapa cm.
- Load Index total = 442 kg. berat KOSONG P180UG4 = 147 kg dan P200 = kurang lebih sama (ga hafal persisnya ). berat total P180UG4 (berat kosong ditambah cairan oli, bensin, dll) = 280 kg
- Sisa berat yang dapat ditanggung ban P180UG4 merk MRF = 162 kg. Lebih dari itu berat yg dinaikkin ke pulsar Anda, ban akan tersiksa


Apa itu Ban Bias dan Radial?

1. Ban Bias
Dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka (frame) dari ban. Cord ditenun dengan cara zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban.

2. Ban Radial
Untuk ban radial, konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban. Bagian dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan "Breaker" atau "Belt". Ban jenis ini hanya menderita sedikit deformasi dalam bentuknya dari gaya sentrifugal, walaupun pada kecepatan tinggi. Ban radial ini juga mempunyai "Rolling Resistance" yang kecil.