jika p180 mau naik ke p220 ada beberapa langkah :
1. Beli blok set py p200, lalu beli piston pio maka cc jadi 220 > modal sekitar 800rb diluar jasa pemasangan dan setting, aman buat touring
2. Beli kruk as p220 + piston set blok p220 > modal sekitar 1.35 jtan diluar jasa pemasangan dan setting
3. Pakai blok std p180, ganti liner, perbesar lobang karter, ganti seher pio. > modal sekitar 600rb diluar jasa pemasangan dan setting.
Note : Dari ketiga cara diatas, cara no 1 dan 2 menurut saya paling aman dan rekomended untuk digunakan touring
nah jika p180 mau naik ke p240 :
1. Beli blok set p220 + kruk as p220 + beli seher pio lalu di korter menggunakan seher pio. Modal sekitar 1.55jtan diluar jasa dan pemasangan.
Note : Cara ini masih aman dipakai touring maupun harian
piston p220nya bisa di jual kembali kepada yg membutuhkan. Khususnya buat yg p180 mau jd 200cc.
Lalu buat p220 mau lebih gede cc nya :
1. Beli piston aftermarket pin 16 lalu di korter dan dibuatkan bushing pin piston > lbh banyak variasi pilihan dan harga bisa lbh murah
2. Pakai piston aftermarket pin 17 lalu di korter > price lbh mahal dan sedikit varian
kenaikan cc bisa di hitung menggunakan volume silinder