Kenapa Ban Lebih Bagus Pakai Nitrogen

1. Untuk penggunaan Nitrogen pada Ban
Kenapa pake nitrogen?
1. Sifat N2 yang inert
2. Rendah uap air, gampangnya level humidity lah
3. Rendah oksigen, uda tau kan ni oksigen buat apaan



Penjelasannya gini
 N2 itu inert, bukan combustible gas, bukan pula oxidation gas, sehingga N2 aman dari ledakan. Ketiga tangan atom N berikatan sangat kuat, sehingga perlu energi besar bagi diatomic ini untuk direaksikan tanpa katalis.

Rendah uap air, ya iyalah, wong N2 yang dijual itu biasanya 99% pure N2, jadi kalopun ada unsur lain selonong boy, persentasenya pasti kecil, kan rebutan ama unsur2 lain tu yg 1%nya Uap air berbahaya kalo kita touring ke alaska misalnya pokoke ke tempat yang punya temperatur dibawah 0 derajat C, kan bisa membeku tuh, kena gaya sentrifugal bisa bikin bolong ban :
Sedangkan N2 baru membeku pada temperatur -200 degC an.

Begitu pula dengan oksigen, idem lah.
Loh..loh...kenapa oksigen dimasukin daftar hitam? emangnya oksigen itu jahat? kan dipake kita buat bernapas?
->gini gan, Oksigen itu salah satu komponen pembakaran. Segitiga api kan BB-O2-Heat, so kalo si panas udah nyampe igniting point karet ban(dan dengan adanya O2 di dalem ban) bisa kebakar tuh ban. Emang sih, panas sebesar itu hampir tidak mungkin dihasilkan oleh mobil ataupun motor harian, sehingga aplikasi isi ban yang HARUS pake N2 cuman di motor mabur alias pesawat ataupun jet darat/motoGP dkk. Monggo dicek ke para maskapai kita, kalo ada yg ngisi pake udara biasa berarti cari gara2
Pan roda pesawat pasti mengalami perubahan tekanan dan temperatur yang ekstrim, saat landing misalnya, so isinya kalo ga N2 ya helium.


Nah kalo ada yang bilang N2 lebih ringan dari udara, jwabannya betul. Molekul N2 itu beratnya 14u, tapiii... siapa sih orang kurang kerjaan yang mencari keuntungan sedemikian tipis. bahkan kalo agan bisa membedakan rasanya naik motor sendiri dengan naik motor bawa semut item satu, rasanya perbedaan berat udara dengan N2 masih jauh lebih kecil dengan volume ban yang hanya segitu.

Dan jika penjual N2 bilang kalo pake N2 gak gampang kempes, itu bohong gan. Dimana2 karet ban ga ada yang 100% impermeable terhadap gas Memang banyak yang bilang begitu dimana2 (kalo pake N2 lebih lama kempesnya), tapi ama ilmuwan sendiri belum bisa dibuktikan jadi masih diperdebatkan tuh. Jadi kalo setelah beberapa bulan tekanan ban kita turun tapi tidak ada paku, dll, itu wajar kok gan.


So jadi betul, kalo agan lorofthelor bilang "rasa" make udara ama N2 itu sama saja, bedapun karena sugesti. karena seperti penjelasan diatas, keuntungan N2 tidak difokuskan pada "rasa" ataupun "performa" (jika mengabaikan berat N2 thd udara), melainkan difokuskan ke "safety".
:maho:maho:maho:maho:maho


2. pemakaian nitrogen pada shockbreaker
Untuk masalah ini, sebenernya ane agak ga suka ama jawaban dealer yang bilang "pake udara aja gpp kok, toh udara juga 78,082% terdiri dari nitrogen"

harusnya agan jawab gini, lha kalo gitu mending diiklanin "air suspension" jangan "nitroX suspension" dunk! Biar kaya bus Sin*r J*y* tu yang pake air suspension. (ni bus emang empuk bantingannya)

Sekali lagi, monggo liat sifat N2 diatas, karena itulah keuntungan utama pake gas N2. So, monggo salahkan bengkel jika dalam jangka waktu tertentu daleman shockbreaker agan karatan dan berbau tidak sedap
Kalo masalah empuk menurut ane, karena udara dan N2 sama2 fluida compressible, bedanya paling cuman 11-12 lah, jadi secara manusiawi gak kerasa.
Cuman biasanya kalo dulu ane desain di trafo2 medium power tanpa conservator, ane pake N2 sebagai cushion. Jadi memang sepertinya N2 memiliki keempukan yang sedikit lebih baik selain keunggulan diatas, hehehe.....