STYLE
Tidak berlebihan kalau model kedua motor ini disebut unik, nyeleneh, jauh dari kata mainstream, lebih deket ke kata mainstroom. Jelek? itu sih kata alay. PZZO memiliki karakter yang panjang, tinggi, dan kekar, sedangkan scorpio pendek, buntet, dan berotot. Klo meminjam istilah kebon binatang, pzzo thu kayak serigala berkepala ngengat, sedangkan scorpio kayak bulldog bermuka klingon (emang di bonbin ada klingon?) --> para jago sotosop mungkin bisa bantu saya.. :P . Model motor selalu subjektif, jadi penilaian terserah mata pemirsa.. dari sisi kaki2, pzzo jelas menang, karena velg 17 inci + MRF terlihat lebih kekar daripada velg 18inci + ban IRC bawaan pio yang terlihat langsing, kalau gak mau dibilang cungkring..
HANDLING
Lagi2, it's (probably) the matter of preferences. handling PZZO lebih ke arah sporty dengan setang jepit dan posisi duduk sedikit membungkuk. scorpio jauh lebih ke arah turing. pertama kali duduk di scorpio mau tidak mau saya membayangkan sedang duduk di atas harley... Tetapi, menurut pribadi sayah, pzzo jauh lebih nyaman daripada scorpio (kebiasaan sajakah?) Saya berani nikung lebih cepat di atas pzzo dibandingkan dengan di atas scorpio. apalagi pzzo ditunjang dengan ban yang lebih lebar dan, suprisingly, lebih mencengkram dibandingkan IRC tubetype. Sedikit mengecewakan, karena saya kira monocross scorpio lebih unggul di tikungan. Coba ntar ganti ban ah...
KENYAMANAN
Lagi2 pzzo unggul, walaupun posisi duduk sedikit membungkuk, tapi lengan lebih rileks menggenggam handle. entah ini hanya masalah kebiasaan atau bukan. yang jelas, jok bawaan pulsar series JAUH lebih lebar dan tebal.. so pasti duduk lebih nyaman, turing jauh gak pegal. kekalahan pio di sektor ini makin diperdalam dengan getaran mesin pio yang memang sudah terkenal keganasannya.
PERFORMA
Di sini dengan sangat terpaksa pzzo harus angkat topi. Pertama saya pakai pio (beli bekas) saya merasa torsinya (akselerasi) memang melebihi pulsar, namun ga terlalu istimewa. Well, sampai saya tahu klo kampas kopling pio saya ternyata udah habis.. Ganti kampas kopling. Friends, it was HORRIFYING! Reputasi scorpio sebagai keturunan langsung dari motor jambret RX King bukan main2. ban belakang spin dengan mudah. Jujur saya yang nubi ini aja tau kalo ban standar scorpio tidak cukup untuk menahan tenaga scorpio...
Walaupun demikian, pzzo masih memiliki harga diri dengan topspeednya. PZZO saya bisa mencapai 130an KPH, sedangkan pio hanya mentok di 120an KPH.. Tapi seberapa sering sih kita maen di atas 100kph?
FITUR
Pulsar? berlimpah fitur.. digi-analog speedometer yang super keren dan super lengkap, side stand indicator, sein otomatis, lampu proyektor, lampu rem LED, BCU system, kelistrikan super canggih, dan banyak lagi yang gw lupa.
Scorpio? let's see.. kelistrikan kuno.. LED? boro2.. hmm.. sungguh ga ada yang bisa dibanggakan.. monocross? saya pribadi lebih seneng dual shock dengan Nitrox... Scorpio silahkan pulang ke Negeri Naruto (Negeri Sakura terlalu mainstream) dengan babak belur di ronde ini...
MAINTENANCE
Asssss u know, saodara saodara.. Pulsar tercinta ini sungguh kacrut 3Snya kalao dibandingkan dengan motor jepang... Ngrasani sendiri, bengkel harus pilih2. Beres cuma sedikit. Spare part KW nyaris tidak nampak batang soknya. Apalagi klo kena kelistrikannya.. BCU. wah wah.. runyam..
Scorpio? Mesin jadul dengan kelistrikan dari jaman kuda gigit jari unggul di sini. mau bengkel manapun hayyyuuu.. ato pengen maen aman ke bengkel resmi? Tenang, tiap kelurahan ada.
KESIMPULAN?
Saya ingin motor.. dengan bodi, sasis dan kelistrikan pulsar... dan dipasang mesin scorpio. dan saya pernah penggeeeeenn banget ngelepas mesin scorpio saya untuk dipasang ke (mantan) pulsar saya.
Tidak berlebihan kalau model kedua motor ini disebut unik, nyeleneh, jauh dari kata mainstream, lebih deket ke kata mainstroom. Jelek? itu sih kata alay. PZZO memiliki karakter yang panjang, tinggi, dan kekar, sedangkan scorpio pendek, buntet, dan berotot. Klo meminjam istilah kebon binatang, pzzo thu kayak serigala berkepala ngengat, sedangkan scorpio kayak bulldog bermuka klingon (emang di bonbin ada klingon?) --> para jago sotosop mungkin bisa bantu saya.. :P . Model motor selalu subjektif, jadi penilaian terserah mata pemirsa.. dari sisi kaki2, pzzo jelas menang, karena velg 17 inci + MRF terlihat lebih kekar daripada velg 18inci + ban IRC bawaan pio yang terlihat langsing, kalau gak mau dibilang cungkring..
HANDLING
Lagi2, it's (probably) the matter of preferences. handling PZZO lebih ke arah sporty dengan setang jepit dan posisi duduk sedikit membungkuk. scorpio jauh lebih ke arah turing. pertama kali duduk di scorpio mau tidak mau saya membayangkan sedang duduk di atas harley... Tetapi, menurut pribadi sayah, pzzo jauh lebih nyaman daripada scorpio (kebiasaan sajakah?) Saya berani nikung lebih cepat di atas pzzo dibandingkan dengan di atas scorpio. apalagi pzzo ditunjang dengan ban yang lebih lebar dan, suprisingly, lebih mencengkram dibandingkan IRC tubetype. Sedikit mengecewakan, karena saya kira monocross scorpio lebih unggul di tikungan. Coba ntar ganti ban ah...
KENYAMANAN
Lagi2 pzzo unggul, walaupun posisi duduk sedikit membungkuk, tapi lengan lebih rileks menggenggam handle. entah ini hanya masalah kebiasaan atau bukan. yang jelas, jok bawaan pulsar series JAUH lebih lebar dan tebal.. so pasti duduk lebih nyaman, turing jauh gak pegal. kekalahan pio di sektor ini makin diperdalam dengan getaran mesin pio yang memang sudah terkenal keganasannya.
PERFORMA
Di sini dengan sangat terpaksa pzzo harus angkat topi. Pertama saya pakai pio (beli bekas) saya merasa torsinya (akselerasi) memang melebihi pulsar, namun ga terlalu istimewa. Well, sampai saya tahu klo kampas kopling pio saya ternyata udah habis.. Ganti kampas kopling. Friends, it was HORRIFYING! Reputasi scorpio sebagai keturunan langsung dari motor jambret RX King bukan main2. ban belakang spin dengan mudah. Jujur saya yang nubi ini aja tau kalo ban standar scorpio tidak cukup untuk menahan tenaga scorpio...
Walaupun demikian, pzzo masih memiliki harga diri dengan topspeednya. PZZO saya bisa mencapai 130an KPH, sedangkan pio hanya mentok di 120an KPH.. Tapi seberapa sering sih kita maen di atas 100kph?
FITUR
Pulsar? berlimpah fitur.. digi-analog speedometer yang super keren dan super lengkap, side stand indicator, sein otomatis, lampu proyektor, lampu rem LED, BCU system, kelistrikan super canggih, dan banyak lagi yang gw lupa.
Scorpio? let's see.. kelistrikan kuno.. LED? boro2.. hmm.. sungguh ga ada yang bisa dibanggakan.. monocross? saya pribadi lebih seneng dual shock dengan Nitrox... Scorpio silahkan pulang ke Negeri Naruto (Negeri Sakura terlalu mainstream) dengan babak belur di ronde ini...
MAINTENANCE
Asssss u know, saodara saodara.. Pulsar tercinta ini sungguh kacrut 3Snya kalao dibandingkan dengan motor jepang... Ngrasani sendiri, bengkel harus pilih2. Beres cuma sedikit. Spare part KW nyaris tidak nampak batang soknya. Apalagi klo kena kelistrikannya.. BCU. wah wah.. runyam..
Scorpio? Mesin jadul dengan kelistrikan dari jaman kuda gigit jari unggul di sini. mau bengkel manapun hayyyuuu.. ato pengen maen aman ke bengkel resmi? Tenang, tiap kelurahan ada.
KESIMPULAN?
Saya ingin motor.. dengan bodi, sasis dan kelistrikan pulsar... dan dipasang mesin scorpio. dan saya pernah penggeeeeenn banget ngelepas mesin scorpio saya untuk dipasang ke (mantan) pulsar saya.