
seperti kita ketahui, konon kl beli piston bajaj musti satu set sama blok2nya...tp harganya kan amit2 bgt berikut ini alternative tips murah semoga berguna.
buat P135
1. bisa aplikasi piston shogun 0s.100 diameter 54.5mm
2. kl mau lbh bisa pakai piston thunder diameter 57mm
3. pakai piston klx diameter 58
note : cara no 1 paling aman dipakai touring dan punya life time liner std yg panjang
buat p180 jadi 200cc: masih aman dipakai touring
1. bisa pakai piston p200
2. bisa pakai piston p220 > lapis molybdenum >
note : dari dua cara diatas, saya lbh sarankan pakai cara no.2 selain profil piston yg flat, juga sudah lapis molybdenum
buat p200 mau jadi p220 :
1. bisa pakai piston pio/aftermarket uk 70 lalu di buatkan bushing
note : piston beragam merk : LHK, RGS, Izumi, dll.
untuk LHK dan RGS biasa dipakai buat balap namun harga pistonnya kelewat mahal 700rb-an
untuk izumi paling mahal 200rb
nah jika p180 mau naik ke p220 ada beberapa langkah :
1. beli blok set py p200, lalu beli piston pio maka cc jadi 220 > modal sekitar 800rb diluar jasa pemasangan dan setting, aman buat touring
2. beli kruk as p220 + piston set blok p220 > modal sekitar 1.35 jtan diluar jasa pemasangan dan setting
3. pakai blok std p180, ganti liner, perbesar lobang karter, ganti seher pio. > modal sekitar 600rb diluar jasa pemasangan dan setting.
note : dari ketiga cara diatas, cara no 1 dan 2 menurut saya paling aman dan rekomended untuk digunakan touring
nah jika p180 mau naik ke p240 :
1. beli blok set p220 + kruk as p220 + beli seher pio lalu di korter menggunakan seher pio. modal sekitar 1.55jtan diluar jasa dan pemasangan.
note : cara ini masih aman dipakai touring maupun harian
piston p220nya bisa di jual kembali kepada yg membutuhkan. khususnya buat yg p180 mau jd 200cc.
lalu buat p220 mau lbh gede cc nya :
1. beli piston aftermarket pin 16 lalu di korter dan dibuatkan bushing pin piston > lbh banyak variasi pilihan dan harga bisa lbh murah
2. pakai piston aftermarket pin 17 lalu di korter > price lbh mahal dan sedikit varian
kenaikan cc bisa di hitung menggunakan volume silinder
p220 mau naikin kompressi dan akselerasi
1. ganti piston pakai p200 : kompressi naik, akselerasi berasa > trial sudah aplikasi cara ini
note :
1. jgn lupa setiap perubahan piston, biasanya di sesuaikan dengan perubahan di ruang bakar, kecuali mekaniknya ga ngerti apa2
2. sebaiknya pengerjaan dilakukan oleh orang yg pengalaman dibidangnya khususnya specialist oprek mesin, sebab hasilnya sangat berpengaruh sekali.
3. sesuaikan penggantian diameter piston dan valve yg digunakan agar hasil seimbang, mengenai perhitungannya, bisa konsultasikan ke mekanik masing2.
4. biasanya setelah mesin powernya bertambah, dilakukan upgrade disekitar sektor kopling hal ini guna menyalurkan power yang seimbang. kalau tidak maka motor akan terasa selip kopling
5. diameter piston yg kelewat besar bukan jaminan akan mendapatkan top speed yang tinggi jika tidak diikuti perubahan2 di sektor lainnya.
6. ngebutlah pada waktu dan tempat yang tepat
7. perlakukanlah kendaraan anda dengan sebijak mungkin
semoga bermamfaat buat kita semua..
kritik dan saran sangat membantu, sebisanya saya update. kl ada kesalahan mohon dikoreksi.
Kebenaran hanya datang dari yang Maha Kuasa.
tips tambahan :
1. piston/ring p135 bisa aplikasi punya shogun
2. piston/ring p180 bisa aplikasi punya tiger std. p180 bisa di korter menggunakan piston tiger yg os. 50, 100, dsb
3. piston/ring p200/220 bisa aplikasi punya tiger os.400 (jika ada)
4. piston os bajaj dgr2 dari om XO ga rekomendasi krana tdk presisi