Skema modifikasi koneksi kelistrikan HID di Pulsar 180 UG4

Berikut ini akan dijelaskan Skema modifikasi koneksi kelistrikan HID di Pulsar 180 UG4. Menilik seringnya pemilik Pulsar UG4 yg merasa lamppu utamnaya kurang terang dan mengganti dengan HID umumnya, dan dari suhu Antioxy kemaren khususnya, ane coba memberikan gambaran modifikasi koneksi kelistrikannya.
Koneksi awalnya sbb:

Ada dua kabel dari low-beam dan high beam dan satu netral. KOndisi Low-beam maka arus akan mengalir dari kabel-low-beam ke bulb halogen dan kembali via netral. Pun begitu pada high-beam.
Nah sekarang menggunakan HID 35W

Alih-alih dari aki, sumber power tetep ambil dari jalur normal, tapi tambahkan 2 buah Dioda 1N4007 dan Kapasitor (optional). Fungsi dioda adalah agar saat power dari low berubah ke high, maka suplai daya ke lampu tidak terputus. Kapasitor berfungsi untuk memperhalus perpindahan dari lo-hi/hi-lo agar tidak "ngaget". Untuk trigger tetap ambil dari saluran biasa (umumnya udah dilengkapi soket).

Yang perlu diperhatikan, dengan asumsi efisiensi ballast 80-85%, maka untuk HID 35W akan menyedot 41-43W atau 3.4-3.5A. Ada selisih 6-8W atau 0.5-0.67A dibanding normalnya.
Untuk mengurangi kemungkinan tekor, sebaiknya gantilah pilot/senja lamp dan Nopol Lamp dengan LED.

Selain itu, konsumsi yg lumayan besar ini dapat mengakibatkan aktifnya BCU untuk memotong(cut) delivery power ke lampu saat dia membaca tegangan lebih rendah dari referensinya. Hal ini dapat terjadi pada kondisi tekor