Tips Sederhana memperbesar pengapian pada bajaj pulsar

berikut akan dijelaskan Tips Sederhana memperbesar pengapian pada bajaj pulsar
Fungsi Utama kapasitor adalah untuk menyimpan muatan listrik dan untuk menyaring frekuensi. lihat rangkain di bawah ini


Dari gambar, sumber daya diambil dari spul pengapian/charging coil (pada Pulsar  UG3/p200/p220) atau dari aki (P135-perlu tambahan PWM) sekitar 12V lalu dinaikkan oleh transformer menjadi sekitar 300-600V, kemudian output dari trafo disimpan di kapasitor.

Nah suatu saat trigger akan muncul dari pulser (sensor Hall) mentrigger SCR yg di tengah itu, sehingga muatan dari kapasitor dibuang melalui koil (yang sebenarnya juga trafo) yang nantinya akan menaikkkan tegangan hingga 20-35kV sehingga membuat dielektrik diantara elektroda busi breakdown, sehingga terjadilah percikan listrik pada busi. FYI, kemampuan dielektrik udara bebas kurang lebih 1kV/10mm (jika jarak kurang dari 10mm dua elektroda bertegangan 1000V akan terjadi loncatan bunga api).

Oke sekarang gimana jika di jalur menuju koil ditambahin kapasitor lage?


Maka akan terdapat 2 buah kapasitor tersambung secara seri, dan jika dua buah kapasitor tersambung secara seri maka?

yup, kapasitansi akan berkurang 1/Ctotal = 1/C1 + 1/C2

misal
1/C1 + 1/C2

1/4.7 + 1/4.7 = 2/4.7 = 1/Ctotal

maka Ctotal = 2.35uF

kalo C tambah kecil pengisian makin cepat dan pembuangan makin cepat bukan? Frekuensi naik kan?

jadinya umpan ke koil akan lebih berupa impuls daripada aslinya yg kurva turun secara eksponensial.


pengapian standar kurang lebih seperti gambar no.2 RC=T
sedangkan setelah ditambahin kapasitor akan seperti no.3 RC