Share Tips penggantian oli shock depan Pulsar

pertama kali keluhan gw shocknya udah ga enak, keempukan, dan rada aneh gerakannya.
gw lari ke beres deh buat ganti oli shock.
ternyata setelah di kuras, sebelah kiri 160cc, kanan 190cc. lalu di isi 180cc masing2 shock.
setelah terpasang semua, gw ngerasa rada keras en kaku.
dia bilang, emang masi baru boss, nanti kalo udah lamaan olinya enak koq.
gw kan rada awam di shock2an.
gw iya ajah....
sambil cari2 gw pegi ke TODA RADAL mo beli oli mesin.
ternyata gw liat ada oli shock berkualitas.
  1. Fuchs Silkolene RCF PRO yang botol gede 1liter.
    "wuih, keren nih." dalem ati bilang gitu.
    pas liat harganya...... alamakjang.... ampir 200rb buat tuh oli shock.
    langsung NEHI NEHI deh gw.
    (maklum naek mongtor india, jadi nehi nehi)
  2. GL-10 YAMALUBE made in Japan 150cc.
    bentuknya seperti kerucut kecil gitu.
    harga cman 15rb/botol.
    (ini dia yg kumau.....)
    akhirnya ambil 3 botol.
    sambil girang2 gw pegi ke MJ.
    "mbah dukun(mas jun)..... motor ane di gantiin dong oli shocknya...."
    "ok, pake apa olinya?"
    "nih...."
    "wuih, serem amat nih oli. berapa duit?"
    "15rb sebotol...."
    "mahal juga ya, yang baisa ajah cman 10rb dapet 2 botol isi 100cc.
    tp bagus nih oli shock. buatan jepang"
    (HOHOHOHHOHO)
    bongkar bongkar
    crot crot....(kluarin olinya, si joko kecipratan oli juga di seragam mekanik bajaj yg baru).
    ternyata gw kebanyakan beli olinya.
    cman butuh 150cc masing2 shock.
    jadi masing2 shock cman butuh 1 botol GL-10 yamalube.
    nyisa satu deh.....
    gpp buat ganti lagi taun depan :P

    setelah dipasang.....

    WUAAHHH...!!!!!
    keempukan dan stabilitas shock depan yg tadinya ilang.
    kembali dan bahkan lebih baik lagi dari stdnya.
    wakakakakak

    ternyata oli yg digunakan juga berpengaruh dengan performa shocknya.

    jadi, gw merekomendasikan buat yg mau ganti oli shock depan untuk menggunakan oli GL-10 yamalube untuk shock depan pulsar.dan masing2 150cc, jadi cukup beli 2 botol ajah. tp, bisa jadi oli showa buatan honda lebih baik lho.ane belum coba.tp udah puas koq pake GL-10.ya uda lah ga usa ganti lagi.