Bagi yg motor BAJAJ nya sudah dilengkapi oil cooler scr default, ada
resiko suatu saat oil cooler pipe nya mengalami kebocoran di bagian
selang (krn selangnya dari karet yg lama kelamaan akan mengeras &
getas, terlebih kualitas selangnya jg cma Indihe). Hal ini terbukti di
Nightwolf, P200 saia yg sudah berumur 3 tahun (56 rb-an KM), kedua pipa
oil cooler bocor scr bergantian.
Pertama bocor d pipa selang inlet sebelah dalam, menyusul pipa selang outlet sebelah luar 2 minggu kemudian. Krn sy tdk ada persiapan & motor ga bisa ngandang (maklum bwt nyari duit sehari2), ya terpaksa ganti d beres (beruntung 2x ganti d beres yg berbeda, Fontana DM & BAS Bekasi, keduanya lg ready stock). Menurut info dari bagian spareparts d beres2 tsb, oil cooler pipe utk P200 akhir2 ini banyak yg nyari.
Walhasil, sy punya satu set oil cooler pipe yg cuma bocor bagian selangnya, bagian pipa nya masih bagus. Kan sayang jg mengingat selang + clampnya mestinya bisa diganti. Akhirnya sy hunting utk parts tsb, dan membeli d toko yg khusus melayani hydraulic alat2 berat di Jl. Narogong Raya, Bekasi. Selang hydraulic yg sy beli merk "Hammer" made in Germany, diameter 3/8", beli 1 m seharga Rp 40 rb, lalu clamp nya pun barang impor, beli 4 @Rp 5 rb total Rp 20 rb.
Langkah berikutnya, melepas selang yg lama dari bodi pipa. Menggunakan gergaji besi, perlahan dipotong cukup sampai lapisan clamp jepit yg lama putus, lalu dicungkil menggunakan tang jepit & obeng minus yg besar. Asal sabar, ga sulit dikerjakan, hati2 jgn sampai menembus k bodi pipa krn dia tipis, rawan terpotong.
Setelah itu, potong selang hydraulic dgn menyesuaikan panjang yg dibutuhkan. Jangan kebanyakan, krn nanti akan menyulitkan saat instalasi, sebisa mungkin sama dgn panjang selang orisinal. Lalu pasang selang tsb k bodi pipa, semprotkan sedikit silicone lubricant, atau klo ga ada, oli mesin, k bagian ujung bodi pipa agar mudah memasukkan pipa k dlm selang. Jangan lupa, clamp nya dimasukkan terlebih dulu k selang.
Langkah terakhir, kencangkan clamo d bagian PINGGIR (LUAR) setelah tonjolan ujung pipa, jgn di bagian DALAM nya, utk memastikan oli tdk bocor keluar. Setelah itu, silahkan dipasangkan kembali.
IMHO, klo ada tanda2 selang pipa oil cooler sdh mulai getas atau retak, sebaiknya bro2 sekalian nyetok parts selang hydraulic & clamp ini, agar aktivitas bersama motornya tdk terganggu. Utk bongkar pasang oil cooler, hanya butuh kunci L ukuran 6 (WAJIB yg berkualitas -minimal merk Tekiro, klo barang murmer Cungkuo pasti kalah kunci L nya, dol jd bulat) dan kunci T ukuran 8. Hati2 O-ring karet yg ada d ujung pipa atas (yg masuk ke bodi oil cooler assy) jgn sampai hilang, tanpa itu dijamin meler sambungannya nanti.
Semoga berguna, salam.
Pertama bocor d pipa selang inlet sebelah dalam, menyusul pipa selang outlet sebelah luar 2 minggu kemudian. Krn sy tdk ada persiapan & motor ga bisa ngandang (maklum bwt nyari duit sehari2), ya terpaksa ganti d beres (beruntung 2x ganti d beres yg berbeda, Fontana DM & BAS Bekasi, keduanya lg ready stock). Menurut info dari bagian spareparts d beres2 tsb, oil cooler pipe utk P200 akhir2 ini banyak yg nyari.
Walhasil, sy punya satu set oil cooler pipe yg cuma bocor bagian selangnya, bagian pipa nya masih bagus. Kan sayang jg mengingat selang + clampnya mestinya bisa diganti. Akhirnya sy hunting utk parts tsb, dan membeli d toko yg khusus melayani hydraulic alat2 berat di Jl. Narogong Raya, Bekasi. Selang hydraulic yg sy beli merk "Hammer" made in Germany, diameter 3/8", beli 1 m seharga Rp 40 rb, lalu clamp nya pun barang impor, beli 4 @Rp 5 rb total Rp 20 rb.
Langkah berikutnya, melepas selang yg lama dari bodi pipa. Menggunakan gergaji besi, perlahan dipotong cukup sampai lapisan clamp jepit yg lama putus, lalu dicungkil menggunakan tang jepit & obeng minus yg besar. Asal sabar, ga sulit dikerjakan, hati2 jgn sampai menembus k bodi pipa krn dia tipis, rawan terpotong.
Setelah itu, potong selang hydraulic dgn menyesuaikan panjang yg dibutuhkan. Jangan kebanyakan, krn nanti akan menyulitkan saat instalasi, sebisa mungkin sama dgn panjang selang orisinal. Lalu pasang selang tsb k bodi pipa, semprotkan sedikit silicone lubricant, atau klo ga ada, oli mesin, k bagian ujung bodi pipa agar mudah memasukkan pipa k dlm selang. Jangan lupa, clamp nya dimasukkan terlebih dulu k selang.
Langkah terakhir, kencangkan clamo d bagian PINGGIR (LUAR) setelah tonjolan ujung pipa, jgn di bagian DALAM nya, utk memastikan oli tdk bocor keluar. Setelah itu, silahkan dipasangkan kembali.
IMHO, klo ada tanda2 selang pipa oil cooler sdh mulai getas atau retak, sebaiknya bro2 sekalian nyetok parts selang hydraulic & clamp ini, agar aktivitas bersama motornya tdk terganggu. Utk bongkar pasang oil cooler, hanya butuh kunci L ukuran 6 (WAJIB yg berkualitas -minimal merk Tekiro, klo barang murmer Cungkuo pasti kalah kunci L nya, dol jd bulat) dan kunci T ukuran 8. Hati2 O-ring karet yg ada d ujung pipa atas (yg masuk ke bodi oil cooler assy) jgn sampai hilang, tanpa itu dijamin meler sambungannya nanti.
Semoga berguna, salam.