Mo share nih temen-temen.
Ane beberapa kali baca tulisan di POL yang mengeluhkan sewaktu turun gigi terdengar bunyi bletak! Biasanya terjadi ketika mau turun dari gigi 5 ke 4 atau 4 ke 3, padahal kecepatan pada saat akan turun gigi sudah memungkinkan karena sudah melakukan pengereman yang cukup.
Ternyata hal seperti di atas pernah ane alami juga, TAPI SEKARANG TIDAK LAGI.
Solusinya begini dan mungkin hanya untuk pulsar (soalnya selama aku pake mopang-berkopling gak pernah kejadian seperti ini):
(1) Pada saat kita akan turun gigi, TARIK TUAS KOPLING FULL 100%
(2) Lalu GAS SETENGAH aja (hal ini gak akan merubah laju motor)
(3) Sesaat setelah TUAS GAS KEMBALI KE POSISI AWAL (zero), INJAK TUAS PERSENELING. Gak perlu dipaksa, karena sudah terasa lembut.
Hanya 3 step saja dengan tingkat keberhasilan 99%. Lakukan pada saat yang memungkinkan saja, karena cara ini akan menambah waktu perpindahan sekitar 1 detik. Kalau kepepet lebih baik ngebletak, demi keamanan pengendara.
Caution: step 3 harus dilakukan dengan sempurna, jangan sampai posisi tuas gas belum sampai zero, perseneling sudah diinjak, hal ini dapat membuat kopling cepat aus.
Ane beberapa kali baca tulisan di POL yang mengeluhkan sewaktu turun gigi terdengar bunyi bletak! Biasanya terjadi ketika mau turun dari gigi 5 ke 4 atau 4 ke 3, padahal kecepatan pada saat akan turun gigi sudah memungkinkan karena sudah melakukan pengereman yang cukup.
Ternyata hal seperti di atas pernah ane alami juga, TAPI SEKARANG TIDAK LAGI.
Solusinya begini dan mungkin hanya untuk pulsar (soalnya selama aku pake mopang-berkopling gak pernah kejadian seperti ini):
(1) Pada saat kita akan turun gigi, TARIK TUAS KOPLING FULL 100%
(2) Lalu GAS SETENGAH aja (hal ini gak akan merubah laju motor)
(3) Sesaat setelah TUAS GAS KEMBALI KE POSISI AWAL (zero), INJAK TUAS PERSENELING. Gak perlu dipaksa, karena sudah terasa lembut.
Hanya 3 step saja dengan tingkat keberhasilan 99%. Lakukan pada saat yang memungkinkan saja, karena cara ini akan menambah waktu perpindahan sekitar 1 detik. Kalau kepepet lebih baik ngebletak, demi keamanan pengendara.
Caution: step 3 harus dilakukan dengan sempurna, jangan sampai posisi tuas gas belum sampai zero, perseneling sudah diinjak, hal ini dapat membuat kopling cepat aus.