Spesifikasi Motor Bajaj Pulsar 135 LS

Spesifikasi Motor Bajaj Pulsar 135 LS



Mesin

  * Tipe: 4-Tak, Pendingin Udara, 4-Katup, Silinder tunggal, SOHO,
    DTS-i
  * Bore (mm) X Stroke (mm): 54 x 58.8
  * Displacement (cc): 134.66
  * Katup per silinder: 4
  * Tenaga Maksimal (HP @ rpm): 13.5 @ 9000
  * Torsi Maksimal (Nm @ rpm): 11.4 @ 7500
  * Starter: Kick + Elektrik

Transmisi

  * Kopling: Multiplat tipe basah
  * Tingkat kecepatan: 5
  * Sistem perpindahan gigi: 1 depan, 2-3-4-5 belakang

Rangka

  * Tipe: Single down tube
  * Suspensi Depan: Garpu Teleskopik dengan pelapis anti gesek (stroke
    130)
  * Suspensi Belakang: NitroX
  * Rem Depan: Cakram (diameter 240 mm)
  * Rem Belakang:  Tromol (diameter 130 mm)
  * Ban Depan: Tube-type Unidirectional – 2.75 x 17″
  * Ban Belakang: Tube-type Unidirectional – 100 / 90 x 17″
  * Kapasitas Tangki: 8 liter (penuh) dan 2.5 liter reserve (1.6 liter
    usable)

Dimensi

  * Jarak Sumbu Roda (mm): 1325
  * Jarak terendah ke tanah (mm): 170
  * Berat kosong (kg): 122
  * Elektrik
       + Baterai (Aki) 12V, 5AH
       + Lampu Utama 35/35W
       + Lampu Belakang (tail/stop) 0.4W / 2.6W

DTS-i – Digital Twin Spark Ignition 26 W-4

Digital Twin Spark Ignition adalah sebuah revolusi dalam era berkendara
motor modern dan Bajaj Auto adalah yang pertama menawarkan kepada
konsumen. Teknologi ini menawarkan tambahan performa yang fenomenal dan
diperkenalkan pertama kali pada sepeda motor Pulsar sebelumnya yang
terbukti sangat berhasil. Teknologi ini telah dipatenkan oleh Bajaj
Auto Ltd.

Pada saat ini satu busi di ujung ruang pembakaran adalah hal yang biasa
dilakukan. Bagian pengapian yang dihasilkan oleh busi memakan waktu
untuk mencapai bagian terjauh dari ruang pembakaran. Ini berakibat pada
pembakaran campuran udara-bahan bakar yang lambat dan menyebabkan
keterbatasan dalam mengoptimalkan karakteristik ruang pembakaran. Dua
busi di masing-masing ujung ruang pembakaran membantu pembakaran
menjadi lebih cepat dan lebih baik. Proses pembakaran dengan Twin Spark
ini sedang dipatenkan oleh Bajaj Auto Ltd. (Digital Twin Spark
Ignition).

Starter dengan Digital C.D.I.

Sebuah Digital CDI dengan chip mikroprosesor 8 bit mengatur kinerja
busi. Memori chip yang telah diprogram mengandung pengaturan waktu
starter optimal pada saat RPM mesin manapun, sehingga mendapatkan
karakteristik performa terbaik dari ruang pembakaran. CDI juga
menentukan waktu pembakaran di kedua busi menjadi lebih stabil dan
presisi. Bekerja sama dengan sistem Trics III, ia memberikan waktu
starter yang terbaik untuk kondisi beban yang berbeda-beda.

TRICS III

Throttle Response Ignition Control System III Generation. Fungsi dari
TRIOS III adalah pemicu pengapian pertama dan kedua untuk pembakaran
yang sempurna terhadap campuran udara dan bensin pada berbagai posisi
throttle guna mendapatkan tenaga dan performa yang optimal.

Exhaus TEC

Teknologi dalam sistem gas buang dari mesin ‘Pulsar DTS-i’.  Sedangkan
‘TEC’ merupakan singkatan dari ‘Torque Expansion Chamber’. Teknologi
pertama di dunia ini mampu meningkatkan torsi mesin secara drastis saat
putaran rendah sehingga pengendara tidak perlu mengoper gigi terlalu
sering. Knalpotnya juga mempunyai kualitas suara yang khas. la
memberikan suatu identitas tertentu bagi Pulsar dan membuatnya sangat
unik. Kami dengan bangga mengungkapkan bahwa Bajaj telah diberi hak
paten atas inovasi “Exhaus TEC” ini.