Pengen naek motor dengan tiga rasa ?
manis, asam, asin ?hehe... kayak iklan permen saja yak ?!... Serius
broo.. ni motor (yang rencananya release di Indonesia bulan mei ini)
bener-bener komplit rasanya. Bayangin, ada kolaborasi tiga pabrikan
besar dari tiga negara berbeda hanya dalam satu motor ini saja, KTM
(Austria) - BAJAJ (India) - Kawasaki (Jepang). Klop dahh... mantap
pokoknya !!!
Hapus kenangan buruk bersama KTM inul, yang ini KTM Austria (indiancarsbikes.in)
Mari kita absen satu-satu. Dari pabrikan KTM-Austria apakah yang dibawa ?
Teknologi dan desain khas eropa... ada rasa KTM Duke di motor ini.
Motor 200cc tapi menjanjikan tenaga yang sangat besar, 23.52ps@9500rpm
!!! bandingkan dengan NVL yang hanya 16.59PS @ 8500 rpm atau bahkan
Streetfire yang untuk mencapai tenaga 17ps saja ia harus menjerit
diputaran @ 10.000 rpm. Selisih yang sangat besar tentunya. Masih belum
cukup ? mari bandingkan dengan motor oldcrack berkubikasi sama/nyaris
sama kek Honda Tiger 200cc atau Yamaha Scorpio 225cc, berapa tenaga
mereka diatas kertas ? Tiger hanya punya tenaga 16,7ps@8500rpm (terkecil
diantara semuanya) sementara Scorpio 19ps@8000rpm. So, sangat amat
menjanjikan dan tidak malu-maluin untuk di adu head to head di atas
lintasan (bukan di jalanan lho ya. BAHAYA).
200cc, power 23.52ps@9500rpm (bikeadvice)
Dari sisi penampilan, aroma eropa begitu kental. Jelaslah, wong yang ndesain Edgar
Heinrich, jagoan desainer-nya BWM motorad (sayang, sudah gak di BAJAJ
lagi, sudah balik ke BMW motorad. gajinya di India terlalu kecil kali,
hehe...). Secara sekilas pandang motor ini mirip sekali dengan
moyangnya, KTM Duke. Perlu dicatat juga, build quality pulsar 200ns
sangat berbeda dengan pulsar series lainnya. Totally improved !!!
Piye bro menurutmu, apik ra ? (mypulsar.com)
Tampilan depannya sungguh teramat sangar
Batok kepalanya gak kayak shinchan (xbhp.com)
Panel Indikator komplit, berasa motor eropa.
Kecepatan, jam, jarak tempuh, oli, accu, bahkan ada lambang kunci
pas-nya (pikir sendiri deh, untuk apanya) . (xbhp.com)
Lalu dari pabrikan induknya, BAJAJ, apa yang mereka
berikan ? Value...!!! Sepertinya gak perlu dijelaskan panjang lebar. Lha
wong varian pulsar yang notabene masih CBU saja hargannya masih
jauuuuuhhh... dibawah motor-motor jepang yang sekelas kok. Coba saja
mampir ke dealernya (klo belum tutup ^_^), pastinya budget untuk beli
bebek jepang sudah cukup untuk memboyong sebuah motor batangan ber-cc
besar.
"Ya pasti murah lah bro, wong kualitasnya murahan. hehe... bercanda sampeyan (kayak gak pernah dengar suara klotok-klotok [disini dan disini]aja). "Semoga dengan marketer baru ini, value produk BAJAJ masih terjaga.
Bicara BAJAJ, bicara value
Terakhir, dari pabrikan KAWASAKI, apakah yang dibawa ?
banyak. Market, Aura sport, Jaringan after sales serta nama besar
KAWASAKI itu sendiri. Sepertinya BAJAJ juga paham klo untuk head to head
melawan pabrikan Jepang itu sangatlah susah. Apalagi dihadapkan dengan
mindset orang Indonesia bahwa sepeda motor itu HONDA, skak mat deh !!!
Jalan satu-satunya adalah dengan menerapkan politik devide et impera
(nulisnya salah gak?), yang sukses menjajah negeri ini selama
350tahun.... sori kalo terlalu ngelantur.
Seperti kata Mark Zuckerberg dalam facebook, "apa yang ada dalam pikiranmu ?"
So, pengen merasakan sensasi teknologi+style ala eropa
yang elegan (KTM-Austria) tapi murah dan tidak murahan (BAJAJ-India)
sekaligus gak perlu kuatir dengan jaringan aftersales (Kawasaki-Jepang)
lagi ? Pulsar 200NS jawabannya... Nantikan mei nanti.