Ada pertanyaan menarik dari kawan mengenai hal ini
Pertanyaan
"klo mau buat narik idle 100 watt dengan full output >200 watt modifikasi yang harus dilakukan apa ya buat p220? oh ya idle tidak lebih tinggi dari 2000 rpm"
saya coba jawab sebagai berikut:
Sejatinya Pulsar 220 dgn kelistrikan DC full wave 3 fasa pola gulungan star, output pd RPM rendah sudah lumayan tinggi. Kendala di kelistrikan motor ini adalah:
1. Ukuran alternator yg relatif biasa2 ajah, atleast klo dbandingkan dgn alternator 3 fasa ex motor lain, diameter cma setara Thundie 125 wlwpun lebih tebal, masih kalah sm diameter na Vixion, apalagi Thunder 250/Vario 125.
2. Gulungan kawat spul kurang optimal, kawat rada kecil & berantakan.
3. Jalur kabel output spul ---> kiprok ---> accu, kurang optimal
4. Kiprok yg biasa2 ajah
Namun dgn limitasi2 tsb, hasilnya ga jelek kok, bisa up to 140-150 w pd RPM atas, dan sekitar 30%, 40-45 w pd idle RPM.
Ekspektasi anda utk max output KEMUNGKINAN masih bisa dicapai, tapi utk output pada idle, kayaknya berat utk bisa dicapai, ekspektasi yang realistis, max output menyentuh 220 w pd RPM atas, dan sekitar 65-70w pd RPM idle, dgn upaya2 sbb:
a. Gulung ulang spul dgn kawat yg lebih tebal (1.0 mm germany) maksimal jml lilitan, ini ga gampang krn space spul yg terbatas.
b. Memperbaiki kualitas kabel jalur pengisian dr spul, kiprok, smpai berakhir d accu.
c. Ganti kiprok 3 fasa dgn yg lebih baik, dgn rating output minimal 30 A k atas.
Dgn output spt itu, dan ekspektasi beban yg disampaikan, asumsi accu sutandar masih sehat, SYUKUR2 upgrade accu yg kapasitas lebih gede (10-12 Ah), ekspektasi utk idle selama 30 menit tanpa gejala tekor masih sangat feasible, SELAMA menerapkan modifikasi copot BCU atau by pass BCU dgn menggunakan IC ULN2083.
Hitung2an mudahnya, pd idle pengeluaran listrik sekitar 150w, pengisian sekitar 70w (setelah modif), tekor 80w, klo Vdc 12 V, berarti sekitar 7 A. Dng accu 10 Ah, minimal aman idle 30 menit msh bisa starter.
Modif yg prioritas:
1. Gulung ulang spul, cost sekitar 150 rb (mungkin) d bengkel hokiedokie
2. Upgrade accu, pake accu Vespa 160 rb
3. Klo budget ada, bisa coba upgrade pake kiprok Ninja 250, SH650, cost 400 rb atau kiprok custom
Pertanyaan
"klo mau buat narik idle 100 watt dengan full output >200 watt modifikasi yang harus dilakukan apa ya buat p220? oh ya idle tidak lebih tinggi dari 2000 rpm"
saya coba jawab sebagai berikut:
Sejatinya Pulsar 220 dgn kelistrikan DC full wave 3 fasa pola gulungan star, output pd RPM rendah sudah lumayan tinggi. Kendala di kelistrikan motor ini adalah:
1. Ukuran alternator yg relatif biasa2 ajah, atleast klo dbandingkan dgn alternator 3 fasa ex motor lain, diameter cma setara Thundie 125 wlwpun lebih tebal, masih kalah sm diameter na Vixion, apalagi Thunder 250/Vario 125.
2. Gulungan kawat spul kurang optimal, kawat rada kecil & berantakan.
3. Jalur kabel output spul ---> kiprok ---> accu, kurang optimal
4. Kiprok yg biasa2 ajah
Namun dgn limitasi2 tsb, hasilnya ga jelek kok, bisa up to 140-150 w pd RPM atas, dan sekitar 30%, 40-45 w pd idle RPM.
Ekspektasi anda utk max output KEMUNGKINAN masih bisa dicapai, tapi utk output pada idle, kayaknya berat utk bisa dicapai, ekspektasi yang realistis, max output menyentuh 220 w pd RPM atas, dan sekitar 65-70w pd RPM idle, dgn upaya2 sbb:
a. Gulung ulang spul dgn kawat yg lebih tebal (1.0 mm germany) maksimal jml lilitan, ini ga gampang krn space spul yg terbatas.
b. Memperbaiki kualitas kabel jalur pengisian dr spul, kiprok, smpai berakhir d accu.
c. Ganti kiprok 3 fasa dgn yg lebih baik, dgn rating output minimal 30 A k atas.
Dgn output spt itu, dan ekspektasi beban yg disampaikan, asumsi accu sutandar masih sehat, SYUKUR2 upgrade accu yg kapasitas lebih gede (10-12 Ah), ekspektasi utk idle selama 30 menit tanpa gejala tekor masih sangat feasible, SELAMA menerapkan modifikasi copot BCU atau by pass BCU dgn menggunakan IC ULN2083.
Hitung2an mudahnya, pd idle pengeluaran listrik sekitar 150w, pengisian sekitar 70w (setelah modif), tekor 80w, klo Vdc 12 V, berarti sekitar 7 A. Dng accu 10 Ah, minimal aman idle 30 menit msh bisa starter.
Modif yg prioritas:
1. Gulung ulang spul, cost sekitar 150 rb (mungkin) d bengkel hokiedokie
2. Upgrade accu, pake accu Vespa 160 rb
3. Klo budget ada, bisa coba upgrade pake kiprok Ninja 250, SH650, cost 400 rb atau kiprok custom