Akselerasi, alias buka gas pol memang asyik dan diperlukan. Berbagai teknik akselerasi pun bertebaran. Tetapi bagai mana caranya berakselerasi yang efektif tanpa mengganggu orang lain dan tanpa membahayakan diri sendiri ? Nih tips dan trik nya.
Tips
1. Berakselerasi paling lumrah adalah ketika melihat hamparan jalan kosong didepan. Tetapi tidak berarti jalan kosong tersebut aman untuk dilewati seenaknya. Pasalnya banyak rintangan yang muncul tiba tiba. Selain lobang, banyak jalan yang memiliki perempatan dan persimpangan tanpa lampu dan rambu. Hindari beraselerasi penuh disini. Lakukan hanya di jalanan satu arah tanpa persimpangan dan anda memahami medan dengan amat sangat baik.
2. Pada dasarnya lampu merah bukan lampu start-finish tetapi bila memang di depan jalurnya kosong, ya monggo asalkan didepan tidak ada perempatan. Asalkan tidak melebihi speed limit (memangnya ada speed limit?)
3. Sebelum berakselerasi pastikan kondisi disekitar anda, apakah ada kendaraan di belakang yang lebih cepat dan berpotensi mendahului anda atau tidak! Pasalnya kerap ketika sedang berakselerasi penuh bisa saja anda di dahului dan anda kaget. ini berbahaya.
Trick
Tips
1. Berakselerasi paling lumrah adalah ketika melihat hamparan jalan kosong didepan. Tetapi tidak berarti jalan kosong tersebut aman untuk dilewati seenaknya. Pasalnya banyak rintangan yang muncul tiba tiba. Selain lobang, banyak jalan yang memiliki perempatan dan persimpangan tanpa lampu dan rambu. Hindari beraselerasi penuh disini. Lakukan hanya di jalanan satu arah tanpa persimpangan dan anda memahami medan dengan amat sangat baik.
2. Pada dasarnya lampu merah bukan lampu start-finish tetapi bila memang di depan jalurnya kosong, ya monggo asalkan didepan tidak ada perempatan. Asalkan tidak melebihi speed limit (memangnya ada speed limit?)
3. Sebelum berakselerasi pastikan kondisi disekitar anda, apakah ada kendaraan di belakang yang lebih cepat dan berpotensi mendahului anda atau tidak! Pasalnya kerap ketika sedang berakselerasi penuh bisa saja anda di dahului dan anda kaget. ini berbahaya.
Trick
- Berakselerasi jangan berlebihan. Perhatikan odometer dengan seksama, jangan sampai menyentuh red line. Jika di Tackometer menunjukan red line pada 10.000 rpm, segera shift up pada 7.000-7.500 rpm.
- Pastikan kondisi motor dalam kondisi baik sebelum berakselerasi. Karena pada saat motor berakselerasi penuh, sasis motor dalam kondisi “full Stretch” dan jika ada perubahan bobot dan gerakan sedikit saja maka arah motor bisa berubah.
- Tentukan target dan berapa lama anda berakselerasi. Contoh, anda menargetkan melaju sampai kecepatan 120 km/jam selama 30 detik. Ketika anda berhasil mencapainya segera kendurkan bukaan gas. kendati dijalanan depan masih kosong. Hal ini untuk meminimalisir resiko yang tidak diinginkan.