Sejarah Bajaj Pulsar. Bajaj Pulsar adalah merk sepeda motor yg dimiliki oleh Bajaj Auto di
India. Bajaj roda dua, dikembangkan oleh divisi pengembangan produk dari
Bajaj Auto, yang bekerjasama dengan desainer motor Glynn Kerr Tokyo
R&D. Terdapat beberapa varian Bajaj, yakni 125cc, 135cc, 150cc,
180cc, 200cc dan 220cc. Untuk 125cc dan 200cc sudah discontinued.
Penjualan Pulsar sebesar 40.000 unit di bulan Juni 2009, menjadikannya
raja di kelas 150cc di India dengan persentase sebesar 43%.
Sejarah Bajaj Pulsar
Sebelum kehadiran Pulsar, market pasar motor-motor di India yaitu mengarah ke hal irit & kapasitas mesin yg kecil (yg membentuk kelas 80-125cc di India). Mesin yg lebih besar dengan kapasitas yg besar, tidak muncul disini (kecuali merk Enfield Bullet). Peluncuran yg sukses dari Hero Honda CBZ tahun 1999, menunjukkan adanya respon rakyat thdp motor yg memiliki performa bagus.
Bajaj kemudian meluncurkan Pulsar Twins di India pada tanggal 24 November 2001. Sejak saat ini, kawula muda India mulai berharap motor murah namun memiliki power besar & fitur lainnya. Proyek ini menghadapi masalah internal, pemesanan oleh Mckinsey dan keraguan akan efek motor baru Bajaj, karna Bajaj memiliki hubungan dgn Kawasaki. Proyek ini memerlukan waktu sekitar 36 bulan dan biaya sekitar 1 milliar Rs (1 rupee = Rp 195,315)
Evolusi
2001
Pulsar pertama memiliki mesin dgn kapasitas 150cc, pendingin udara, 1 silinder, bahan bakar bensin, 4 tak, tenaga max 12 bhp. Businya 1, dual sokbreker, karburator, lampu depan bulat dan wheel base 1265 mm. Rem cakram depan sebagai kelengkapan standar , merupakan sesuatu yg baru pada motor2 di India di awal thn 2000.
Versi mesin 180 cc, memiliki tenaga 15 bhp dan memiliki klakson ganda. Starter elektrik menjadi parts pilihan pada kedua model.
2003
Generasi pulsar kedua, barulah memiliki teknologi busi dobel, yang menaikkan tenaga motor sekitar 1 bhp tapi menghemat konsumsi BBM. Model tahun ini juga memiliki model lampu depan baru, wheel base 1320 mm, klakson ganda dan trip-meter.
2005
Pulsar baru diluncurkan tahun ini. pelek menjadi 17 inci sehingga jarak ke tanah turun sekitar 12 mm. Hal ini (pelek 17 inci untuk pelek belakang) adalah hal yg pertama di motor2 India. Tangki juga mampu menampung BBM menjadi 15 liter. power pun nauk menjadi 13,5 bhp (10.1 kW) @ 8500 rpm utk 150 cc dan 16.5 bhp (12.3 kW) @ 8500 rpm utk 180 cc. Hal baru lainnya, sokbreker belakang diisi Nitrox.
2006
Pulsar baru diluncurkan. Lampu senja dipisahkan dari lampu utama, lampu sein dgn kaca bening, lampu sein yg mati sendiri, LCD screen digital pada speedo, sensor kecepatan tanpa kabel (pake magnet kali yah), lampu LED pada handle, lampu rem LED kembar, panel samping yg diperuncing bentuknya. mesin naik torsinya, pengurangan vibrasi dan pembenahan di bagian penggantian gigi. Pada 150cc, sistem ganti gigi dirubah, 1 turun dan 4 naik.
2007
Kemuculan Bajaj Pulsar 220 DTS-Fi
Juli 2007, Bajaj mulai memasarkan P220 DTS-Fi dan P200 DTS-i. Fiturnya, memiliki oil cooler dan injeksi. model P220, sama sekali baru untuk pasar motor di India, yaitu cakram belakang, sistem injeksi, dan setang jepit. (P200 masih stang non jepit)
2009
Tahun ini P180 UG4 dan P150 UG4 (upgrade ke-4) keluar bulan April 2009.
untuk P150, memiliki warna baru yaitu all black, kuping tangki yg mirip dgn P200, desain logo Pulsar 3D, dan kelistrikan full DC. Power pun naik ke 14,09 bhp. Fitur lainnya, lampu yg mati sendiri ketika mesin menyala beberapa detik(utk melindungi aki), lampu sein yg mati sendiri, peringatan standar samping, trip meter, indikator peringatan bensin sedikit lagi (juga kalo mesin digeber2 melebihi sekian rpm) dan indikator aki lemah.
sedangkan P180, upgradenya antara lain ban tubless lebar, jok terpisah, kuping tangki, logo pulsar 3D, stang jepit, swing arm milik P200 dan sok depan lebih besar dari P200. powernya pun naik jadi 17 PS. Munculnya P220 versi karburator di Juni 2009 dgn slogan "the fastest bike in India". berita buruk, yaitu penghentian produksi dari P200 pada Juli 2009
Terakhir, Bajaj menghadirkan motor baru, Pulsar 135LS. motor ini adalah yg pertama di India, yg memiliki 4 katup dobel busi. 4 katupnya, lebih kecil dari pulsar yg memiliki 2 katup. Desain bodi lebih stylish. konsumsi bensin tercatat 68,5 kilometer per liter dan beratnya hanya 122 kg.
2010
Tahun ini, keluar versi UG 4.5 dari P150. fiturnya? stang jepit seperti P135, serta kenaikan tenaga menjadi 15,06 bhp. Versi telanjang P220 juga keluar di tahun ini dgn nama Pulsar 220 S (Street Fighter), dimana lampu depannya menjadi sama dengan P180 / P150. Pulsar 220 lama (half fairing) kemudian dinamai P 220 F.
Spesifikasi Keluarga Pulsar
Sejarah Bajaj Pulsar
Sebelum kehadiran Pulsar, market pasar motor-motor di India yaitu mengarah ke hal irit & kapasitas mesin yg kecil (yg membentuk kelas 80-125cc di India). Mesin yg lebih besar dengan kapasitas yg besar, tidak muncul disini (kecuali merk Enfield Bullet). Peluncuran yg sukses dari Hero Honda CBZ tahun 1999, menunjukkan adanya respon rakyat thdp motor yg memiliki performa bagus.
Bajaj kemudian meluncurkan Pulsar Twins di India pada tanggal 24 November 2001. Sejak saat ini, kawula muda India mulai berharap motor murah namun memiliki power besar & fitur lainnya. Proyek ini menghadapi masalah internal, pemesanan oleh Mckinsey dan keraguan akan efek motor baru Bajaj, karna Bajaj memiliki hubungan dgn Kawasaki. Proyek ini memerlukan waktu sekitar 36 bulan dan biaya sekitar 1 milliar Rs (1 rupee = Rp 195,315)
Evolusi
2001
Pulsar pertama memiliki mesin dgn kapasitas 150cc, pendingin udara, 1 silinder, bahan bakar bensin, 4 tak, tenaga max 12 bhp. Businya 1, dual sokbreker, karburator, lampu depan bulat dan wheel base 1265 mm. Rem cakram depan sebagai kelengkapan standar , merupakan sesuatu yg baru pada motor2 di India di awal thn 2000.
Versi mesin 180 cc, memiliki tenaga 15 bhp dan memiliki klakson ganda. Starter elektrik menjadi parts pilihan pada kedua model.
2003
Generasi pulsar kedua, barulah memiliki teknologi busi dobel, yang menaikkan tenaga motor sekitar 1 bhp tapi menghemat konsumsi BBM. Model tahun ini juga memiliki model lampu depan baru, wheel base 1320 mm, klakson ganda dan trip-meter.
2005
Pulsar baru diluncurkan tahun ini. pelek menjadi 17 inci sehingga jarak ke tanah turun sekitar 12 mm. Hal ini (pelek 17 inci untuk pelek belakang) adalah hal yg pertama di motor2 India. Tangki juga mampu menampung BBM menjadi 15 liter. power pun nauk menjadi 13,5 bhp (10.1 kW) @ 8500 rpm utk 150 cc dan 16.5 bhp (12.3 kW) @ 8500 rpm utk 180 cc. Hal baru lainnya, sokbreker belakang diisi Nitrox.
2006
Pulsar baru diluncurkan. Lampu senja dipisahkan dari lampu utama, lampu sein dgn kaca bening, lampu sein yg mati sendiri, LCD screen digital pada speedo, sensor kecepatan tanpa kabel (pake magnet kali yah), lampu LED pada handle, lampu rem LED kembar, panel samping yg diperuncing bentuknya. mesin naik torsinya, pengurangan vibrasi dan pembenahan di bagian penggantian gigi. Pada 150cc, sistem ganti gigi dirubah, 1 turun dan 4 naik.
2007
Kemuculan Bajaj Pulsar 220 DTS-Fi
Juli 2007, Bajaj mulai memasarkan P220 DTS-Fi dan P200 DTS-i. Fiturnya, memiliki oil cooler dan injeksi. model P220, sama sekali baru untuk pasar motor di India, yaitu cakram belakang, sistem injeksi, dan setang jepit. (P200 masih stang non jepit)
2009
Tahun ini P180 UG4 dan P150 UG4 (upgrade ke-4) keluar bulan April 2009.
untuk P150, memiliki warna baru yaitu all black, kuping tangki yg mirip dgn P200, desain logo Pulsar 3D, dan kelistrikan full DC. Power pun naik ke 14,09 bhp. Fitur lainnya, lampu yg mati sendiri ketika mesin menyala beberapa detik(utk melindungi aki), lampu sein yg mati sendiri, peringatan standar samping, trip meter, indikator peringatan bensin sedikit lagi (juga kalo mesin digeber2 melebihi sekian rpm) dan indikator aki lemah.
sedangkan P180, upgradenya antara lain ban tubless lebar, jok terpisah, kuping tangki, logo pulsar 3D, stang jepit, swing arm milik P200 dan sok depan lebih besar dari P200. powernya pun naik jadi 17 PS. Munculnya P220 versi karburator di Juni 2009 dgn slogan "the fastest bike in India". berita buruk, yaitu penghentian produksi dari P200 pada Juli 2009
Terakhir, Bajaj menghadirkan motor baru, Pulsar 135LS. motor ini adalah yg pertama di India, yg memiliki 4 katup dobel busi. 4 katupnya, lebih kecil dari pulsar yg memiliki 2 katup. Desain bodi lebih stylish. konsumsi bensin tercatat 68,5 kilometer per liter dan beratnya hanya 122 kg.
2010
Tahun ini, keluar versi UG 4.5 dari P150. fiturnya? stang jepit seperti P135, serta kenaikan tenaga menjadi 15,06 bhp. Versi telanjang P220 juga keluar di tahun ini dgn nama Pulsar 220 S (Street Fighter), dimana lampu depannya menjadi sama dengan P180 / P150. Pulsar 220 lama (half fairing) kemudian dinamai P 220 F.
Spesifikasi Keluarga Pulsar